Selasa, 13 November 2012

Peternakan Bebek/Itik di Pulau Sumatra

Gambar Bebek Sumatra
Bebek Sumatra
Sebagai salah satu peternakan bebek di Pulau Sumatra saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman seputar dunia bebek atau itik. Prospek peternakan bebek/itik yang cukup baik membuat banyak orang berfikir untuk ikut serta dalam usaha peternakan bebek/itik. Secara internasional peternakan bebek/itik terpusat di negara-negara Amerika Utara, Amerika Selatan, Inggris, Prancis, Filipina, Malaysia, dll. Dan di Indonesia sendiri peternakan itik terpusat di daerah pulau jawa ( Tegal, Brebes dan Mojosari ), Kalimantan (Kec. Alabio, Kab. Amuntai), Bali dan Lombok.

Peluang Bisnis Peternakan Bebek/Itik

Telur dan daging itik/bebek merupakan komoditi ekspor yang dapat memberikan keuntungan besar. Kebutuhan akan telur dan daging pasar internasional sangat besar dan masih tidak seimbang dari persediaan yang ada. Hal ini dapat dilihat bahwa baru dua negara Thailand dan Malaysia yang menjadi negara pengekspor terbesar. Hingga saat ini budidaya itik masih merupakan komoditi yang menjanji untuk dikembangkan secara intensif. Selain itu banyak sekali maanfaat yang dapat di ambil dari peternakan bebek/itik diantaranya:

Manfaat Peternakan Bebek/Itik

  1. Untuk usaha ekonomi kerakyatan mandiri. 
  2. Untuk mendapatkan telur itik konsumsi, daging, dan juga pembibitan ternak itik.
  3. Kotorannya bisa sebagai pupuk tanaman pangan/palawija.
  4. Sebagai pengisi kegiatan dimasa pensiun.
  5. Untuk mencerdaskan bangsa melalui penyediaan gizi masyarakat.
  6. Dll.
Sebelum seorang peternak memulai usahanya, harus menyiapkan diri, terutama dalam hal pemahaman tentang pancausaha beternak yaitu Perkandangan, Pemilihan Bibit Unggul, Pakan Ternak, Tata Laksana dan Pemasaran Hasil Ternak. Semua itu harus di pahami dan diterapkan agar hasil peternakan memuaskan dan sesuai dengan harapan kita. Sekian dulu dari saya berhubung sudah ngantuk, besok kita lanjutkan lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar